warna warni kupu kupu cilember

Warna Warni Kupu Kupu Cilember

 

 Setelah hampir 4 jam menempuh perjalanan, dari kota Bandung pada akhirnya, kami sampai juga ke wana wisata cilember. Potensi visual landscape menuju lokasi, cukup menarik, dengan pemandangan alam berupa, pegunungan dan perkebunan, sedangkan bentang alam di dalam kawasan yang mempunyai, karakteristik khas adalah tegakan tanaman hutan dan panorama kota Bogor.layaknya objek wisata yang berada di kawasan puncak,udara pegunungan serta pemandangan alamnya masih alami.Keunikan lain di tempat ini ialah dalam bulan bulan tertentu,tempat ini ramai sekali di kunjungi para wisatawan dari timur tengah.

Di cilember cukup banyak, potensi wisata yang bisa dinikmati oleh para pelancong, misalnya tempat berkemah, air terjun atau curug, serta yang paling unik ialah, taman kupu kupu, dan laboratorium kupu kupu. sebenarnya disana juga terdapat, taman anggrek, sayang sekali karena perawatan dan kondisi alam yang kurang mendukung, tanaman anggreknya tumbuh kurang baik.Primadona di wana wisata ini ialah taman kupu kupu, disini berbagai jenis kupu kupu berkeliaran dengan bebas. S

sumber foto disparbudjabarprov.go.id
elain itu untuk menjaga populasinya agar tidak punah, di cilember juga dikembangkan tempat penangkaran kupu kupu yang disebut laboratorium kupu kupu.

Kupu kupu yang di kembang biakan di sini merupakan kupu kupu endemik Indonesia, ada 12 spesies yang di tangkar kan,pihak pengelola mengakui dari sekian banyak jenis kupu kupu,baru 12 spesies ini yang mampu di tangkarkan. . Semua kupu-kupu yang ditangkar di taman ini merupakan jenis lokal, termasuk yang dilindungi. Di antaranya papilio memnon, papilio helena, papilio polytes, troides helena hingga jenis kupu-kupu yang memiliki diameter cukup besar seperti attacus atlas.
kupu kupu menjalani Siklus hidup  dalam empat fase, yaitu telur, larva atau ulat, pupa atau kepompong, dan imago atau kupu-kupu dewasa. Untuk  umur kupu-kupu dewasa hanya mampu bertahan selama satu bulan.sedangkan kemampuan bertelur nya bisa mencapai lima hingga 10 butir selama satu pekan untuk kualitasnya sendiri, semakin lama semakin menurun. ketika proses bertelur, kupu-kupu membutuhkan banyak makanan. Hewan ini biasa bertelur mulai pukul 10 pagi. Mereka menempatkan telur-telurnya dibawah daun atau pucuk pucuk daun muda.

Dalam proses penangkaran, telur dipindahkan ke dalam cawan petri yang diberi alas tisu. Pengambilan telur biasanya dilakukan pada sore hari. Mengenai Tingkat keberhasilannya penangkaran ini menurut pengelola bisa di katakan lebih bagus,di bandingkan proses reproduksi alami yang kupu kupu lakukan di alam.karena dalam penagkaran segala jenis predator alami nya bisa di hilangkan oleh para petugas. Telur akan menetas dalam 5 hingga 7 hari. Setelah menjadi larva kemudian dipindahkan ke dalam toples dengan pakan yang di sesuaikan. Larva yang sudah berumur tujuh hari dipindahkan ke dalam kotak kayu dengan ukuran sedang. Setelah berumur dua pekan dipindahkan lagi ke dalam kotak yang lebih besar. Masing-masing kotak dapat diisi 10 hingga 15 ekor larva. Selama proses pemberian pakan, kebersihan kotak harus tetap terjaga. Pemberian pakan kupu-kupu dilakukan setiap hari dengan daun muda dan segar. proses perubahan ulat jadi kepompong biasanya dipengaruhi kondisi cuaca. Normalnya berada di suhu antara 24-25 derajat celcius. Kepompong yang telah menetas dalam waktu 3-4 jam siap terbang mencari makanan dan pasangan untuk kembali menghasilkan keturunan.
meskipun bentuk nya kecil namun peranan kupu kupu dalam keseimbangan alam sangat besar,sejumlah kupu kupu merupakan penyerbuk dalam proses pembuahan bunga.sehingga bisa menghasilkan buah buahan yang bisa di konsumsi oleh makhluk hidup.

Setelah cukup puas menikmati keindahan kupu kupu, kami melanjutkan perjalanan menuju air terjun atau curug.air terjun di cilember cukup banyak , namun tidak semua lokasi air terjun bisa kita kunjungi. karena kondisi jalannya yang belum bagus. menurut penduduk setempat, di berbagai air terjun ini , diyakini bisa berkhasiat sebagai obat awet muda, serta mudah mendapatkan jodoh dan menyembuhkan berbagai penyakit. selain itu konon katanya air terjun ini juga merupakan tempat mandi para putri dari kayangan.tidak jauh dari lokasi air terjun, terdapat beberapa camping ground, yang bisa digunakan untuk bermalam, oleh para pelancong. sedangkan untuk para pelancong yang kurang suka tidur di alam terbuka, ditempat ini juga tersedia beberapa pondokan yang disewakan dengan harga yang bervariasi.


Post a Comment

0 Comments