Gili Trawangan Pulau Yang Tak Pernah Tidur

sumber foto Genpi.co

Pulau Lombok merupakan sebuah wilayah di provinsi Nusa Tenggara Barat,sudah sejak lama kawasan ini dikenal memiliki beberapa destinasi wisata yang  menjadi favorit para pelancong dari luar daerah.Potensi wisata di pulau Lombok sangat beragam mulai dari wisata alam hingga keunikan budaya bisa kita nikmati.Tidak jauh dari pulau Lombok terdapat beberapa pulau kecil atau Gili, adalah sebutan bagi daratan kecil atau pulau kecil yang dikelilingi oleh lautan sehingga Gili terlihat sebagai sebuah pulau terapung di tengah luasnya lautan.Di sekeliling pulau Lombok terdapat banyak Gili,3 Giliyang palng dikenal pelancong ialah Gili Trawangan,Gili Mano serta Gili Air.Dari ketiga Gili tersebut Gili Trawangan adalah Gili Paling besar.
            Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Gili Trawangan juga satu-satunya giliyang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Gili Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gilitersebut,Gili Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam;Untuk mencapai Gili Trawangan, cara yang paling umum adalah dengan menaiki perahu motor. Anda bisa menaikinya dari pelabuhan kecil di Bangsal, sekitar 42 Km dari Kota Mataram atau sekitar 1 jam perjalanan. Jika dari Mataram Anda menggunakan kendaraan seperti motor atau mobil, Anda harus meninggalkannya di pelabuhan tersebut.
                Di Gili Trawangan begitu juga di dua giliyang lain, tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.Kelebihan Gili Trawangan dibandingkan dengan pantai lain adalah kita dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini. Hal ini terjadi karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Sehingga baik sunrise maupun sunset dapat kita nikmati di pantai ini.
            Nah dari semua hal itu timbul sebuah pertanyaan mengapa Gili ini sangat terkenal dikalangan para pelancong,apa sajakah yang bisa kita lakukan di Gili ini.Untuk menjawab pertanyaan ini cukup gampang,Gili Trawangan memiliki semua yang diidamkan oleh para pelancong terutama para penyuka keindahan pantai.Dilokasi ini kita bisa menikmati pasir putih dengan air laut jernih sepanjang mata memandang,itu baru dipermukaan saja,didalamlaut keindahannya sangat luar biasa mulai dari kedalaman satu meter hingga puluhan meter terumbu karang dengan biota laut lainya masih terjaga.Untuk menikmati semua itu tidak perlu khawatir,puluhan operator wisata bawah air menyediakan fasilitas lengkap baik bagi para pemula maupun para profesional penyuka keindahan bawah laut.Puas menikmati keindahan laut kita bisa menyusuri pulau untuk melihat keindahan lainnya,menikmati keindahan pulau ini tidak lengkap rasanya tanpa menggunakan sepeda yang banyak disewakan oleh penduduk.Nah bila perut keroncongan jangan takut kesulitan mencari makanan,tempat ini merupakan surge bagi para pecinta sea food,selain itu jenis masakan lainnya pun bisa kita temui dengan mudah.
            Ketika malam menjelang disinilah denyut nadi hiburan Gili Trawangan dimulai,jejeran café café sepanjang pantainya menyajikan berbagai hibuan live musik dengan berbagai genre dan tentu saja hidangan kuliner memanjakan lidah.Bagi para pelancong penyuka pesta,anda berada di tempat yang tempat,pesta dan pesta merupakan denyut hiburan yang terus berdetak di pulau indah ini.Kemeriahan pesta biasanya berakhir ketika pagi datang menjelang semua pelancong dari berbagai latar belakang tumpah ruah menikmati surga dunia.Pagi akhirnya datang denyut Gili Trawangan masih kencang aktivitas para pelancong kembali berlangsung menikmati keindahan alamnya,aktivitas seperti ini terusberlangsung sepanjang tahun,oleh karena itu mungkin benar adanya bahwa pulau ini tidak pernah tidur. 


Post a Comment

0 Comments