Waduk Darma Kuningan


Bila anda hendak menuju kota Kuningan dari arah Cikijing,lebih kurang 12 kilometer sebelum pusat kota Kuningan, kita akan melihat sebuah waduk seluas lebih kurang  425 hektar.Setiap pengguna kendaraan pasti melintasi waduk ini,dan tidak jarang mereka menghentikan laju kendaraannya hanya untuk sekedar menikmati panorama indah nya.Waduk tersebut dinamakan waduk Darma, tepatnya di desa Jagara- Kecamatan Darmatopografi nya,dikelilingi oleh bukit dan lembah serta pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk. Kapasitas genangan air maksimal ± 39.000.000 m3.Waduk ini selain berfungsi sebagai penampungan air untuk pengairan dan perikanan juga dapat dijadikan sarana rekreasi dan olahraga.
            Waduk darma  memiliki fungsi penting di bidang pertanian  kabupaten Kuningan, air yang ada dibendungan tersebut dipakai sebagai sarana irigasi untuk mengairi sawah-sawah di Kuningan selain itu pemanfaatan lainnya oleh masyarakat sekitar ialah sebagai lahan tambak /beternak ikan, itu terlihat dengan banyaknya karamba atau kolam buatan dari bambu untuk menampung ikan yang ada di tepian bendungan. Pasokan air di Waduk Darma berasal dari beberapa sungai kecil di sekitar Kabupaten Kuningan, seperti Sungai Cinangka dan Sungai Cisalak. Setelah terkumpul di waduk, air tersebut sebagian digunakan untuk irigasi sawah sampai ke Kabupaten Cirebon dan sebagian lagi digunakan untuk kebutuhan air minum oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di kota Kuningan dan di sekitar Kota Cirebon.Selain berfungsi sebagai penampung air, Waduk Darma juga dijadikan sebagai sarana rekreasi dan olahraga. Panorama di sekitar waduk, terutama pada saat matahari akan tenggelam, menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang datang ke waduk itu. Apalagi bila menikmatinya sambil duduk di perahu yang mengelilingi pulau mungil bernama Munjul Goong yang ada di tengah-tengah waduk. . karena letak bendungan yang dikelilingi oleh bukit dan lembah waduk darma juga sering dijadikan tempat berkemah.
            Untuk menikmati panorama waduk Darma anda hanya di kenakan tarif sebesar Rp 10.000 saja,cukup murah bukan,Selain menikmati pemandangan serta berperahu masih ada fasilitas lainnya yang bisa dinikmati.Untuk anak anak pihak pengelola menyediakan berbagai sarana permainan anak hingga kolam renang,selain itu bila ingin menghabiskan waktu sambil menikmati panorama malam hari,pihak pengelola menyediakan beberapa cottages intuk para pengunjung.Bila ingin mencoba berbagai kuliner khas Kuningan,jangan khawatir puluhan warung makan sipa melayani anda dengan berbagai menu pilihan dengan harga terjangkau.Tempat ini cukup ramai di kunjungi ketika musim liburan atau setiap akhir pekan,menurut pihak pengelola setiap akhir pekan tidak kurang 3000 pengunjung memadati kawasan ini.Anda penasaran dengan keunikan waduk Darma sempatkanlah mengunjungi nya bila melancong ke Kuningan.




Post a Comment

0 Comments