Ikan Pesmol Khas Cianjur

( sumber foto pinterest )


Khasanah Kuliner Cianjur cukup beragam,mulai dari Tauco,aneka manisan buah dan sayuran hingga bubur ayam khas dan sate Maranggi.Diantara sekian banyak penganan kuliner khas Cianjur ternyata ada satu lagi yang telah cukup banyak dikenal oleh masyarakat.Penganan kuliner ini dikenal dengan sebutan Pesmol,belum diketahui secara pasti sejak kapan olahan ini dikenal di Cianjur satu hal yang pasti saat ini jenis kuliner tersebut sangat terkenal di Cianjur. Pesmol adalah bumbu kuning khas Cianjur, berasal dari campuran rempah yang masing-masing mempunyai khasiat bagi kesehatan seperti kemiri, kunyit dan jahe. Walaupun bahannya terlihat cukup banyak, cara membuatnya sangat sederhana dan mudah.Pesmol banyak disukai masyarakat indonesia karena rasanya yang Gurih, Asam, manis, dan pedas. dan juga harganya yang terjangkau, selain itu pesmol juga memiliki cita rasa tersendiri yang unik dan khas.
( sumber foto cookpad )
Bahan makanan yang diolah secara pesmol kebanyakan dari jenis ikan,kenyataan ini bisa dimaklumi karena Cianjur dikenal sebagai salah satu sentra ikan di Jawa Barat.Disana terdapat beberapa sentra ikan seperti waduk Cirata atau kolam kolam milik masyarakat dengan hasil ikan cukup melimpah.Ikan mas adalah jenis ikan yang paling sering digunakan dalam olahan pesmol,bahkan di seantero Cianjur kita bisa melihat rumah rumah makan yang khusus menjual olahan ikan mas pesmol di Cianjur. Ikan Mas Pesmol cukup mudah sekali dibuat,dan bahan yang diperlukan untuk membuatnya pun sederhana. Bumbu-bumbunya banyak menggunakan rempah-rempah yang menambah kenikmatannya. Sekilas hidangan ini terlihat mirip ikan bandeng bumbu kuning. Mungkin karena di dalamnya sama-sama menggunakan kunyit yang membuat warna bumbunya menjadi kuning.
Cara membuat Ikan Mas Pesmol,cuci bersih ikan dan lumuri dengan air jeruk nipis, kunyit, serta garam.Biarkan selama 15 menit, lalu goreng ikan dengan menggunakan minyak panas hingga matang dan berwarna keemasan. Lalu tiriskan dan sisihkan.Campurkan bawang merah, kemiri, lengkuas, jahe, kunyit, garam halus, dan gula pasir. Lalu haluskan bahan-bahan tersebut dengan menggunakan ulekan atau blender.Minyak goreng dipanaskan lalu tumis bumbu halus. Tambah dengan daun salam, juga serai dimemarkan.Jika tumisan sudah mengeluarkan aroma harum, lalu masukkan gula pasir, garam halus, dan air bersih.Lanjutkan memasak hingga airnya mengental. Lalu koreksi rasanya sesuai selera Anda Anda.Tambahkan cabai merah, cabai rawit, juga bawang merah  utuh. Lalu aduk rata.Masukkan ikan mas yang sudah digoreng, aduk hingga rata.Angkat dan sajikan di atas piring saji.
Rumah makan di Cianjur biasanya menawarkan menu pesmol dengan olahan ikan lainnya seperti gurame,kembung,bahkan udang.Namun yang menjadi primadona ialah pesmol ikan mas,bisa dikatakan bila berburu kuliner di Cianjur tanpa merasakan ikan mas pesmol seperti makan sayur tidak di kasih garam,alias hambar.selain dikawasan Cianjur kota,kawasan waduk Cirata dengan rumah makan terapungnya merupakan sentra ikan mas pesmol yang selalu diburu para pecinta kuliner.Akhir pekan ini ada baiknya anda mencoba kuliner khas Cianjur ini,dijamin anda akan ketagihan.

Post a Comment

0 Comments