Sekolah Vertical Rescue Angkatan 169 ( KSR PMI Kota Bandung )

 

Sekolah Vertical Rescue Angkatan 169 ( KSR PMI Kota Bandung )

 

           


Korps KSR PMI Kota Bandung bekerja sama denga Vertical Rescue Indonesia melaksanakan kegiatan sekolah vertical rescue angkatan 169,Tujuan kegiatan tersebut ialah,untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi sumber daya PMI dalam memberikan pertolongan kedaruratan dan evakuasi kepada korban dalam kondisi medan yang tidak biasanya.Hal lain  yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah  untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi sumber daya PMI dalam memberikan pertolongan kedaruratan dan evakuasi kepada korban dalam kondisi medan yang tidak biasanya.


Pelaksaan kegiatan dimulai pada tanggal 5 februari hingga 7 februari 2021 bertempat di kawasan Curug Cisanggarung,kabupaten Bandung.Adapun materi yang diberikan bagi para peserta diantaranya Materi. : pengenalan alat, top rupe, leading, Ascending descending, simpul dan jerat, houling lowring, instalasi tripod, instalasi suspension, angkoring media lunak dan media keras.Peserta kegiatan berasal dari anggota Muda Korps Sukarelawan (KSR) PMI Kota Bandung, DISKAR PB Kota Bandung, KSR PMI unit UNPAD,dengan komposisi peserta laki laki 24 orang dan perempuan 15 orang berasal dari berbagai daerah.

Pemberian materi dilakukan oleh instruktur instruktur dari Vertical  Rescue Indonesia,mereka sudah memiliki kualifikasi sebagai tenaga ahli evakuasi di medan ketinggian.Para peserta sangat antusias menerima berbagai materi dari para instruktur.Tidak jauh erbeda dengan sekolah vertical rescue pada angkatn sebelumnya,setalah pemberian materi para peserta diwajibkan untuk melakukan praktek langsung materi materi tersebut dengan di awasi langsung oleh para instruktur.

 Pelatihan ini diharapkan mampu menghasilkan anggota KSR PMI Kota Bandung,yang memahami dan menguasai teknik vertical rescue. Sebagai informasi dalam penugasan di medan operasi kedaruratan bencana,terutama berhubungan denga evakuasi di medan ketinggian,setiap anggota wajib memiliki dasar keterampilan vertical rescue.

 

 

 

           

Post a Comment

0 Comments