Diklat Vertical Rescue PPSDM Geominerba

 

Diklat Vertical Rescue PPSDM Geominerba


PPSDM Geominerba bekerja sama dengan Vertical Rescue Indonesia menyelennggarakan diklat Vertical Rescue pada tanggal 8 hingga 12 februarai 2021 bertempat di kawasan gedung PPSDM Geominerba Jalan Sudirman nomor 623 Bandung. Diklat diikuti oleh 20 peserta,  ASN dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ASN KESDM). Materi yang akan diberikan di antaranya Medan Penyelamatan Korban dan Simpul Jerat, Kemampuan Dasar (Anchoring dan Mechanical System), Kemampuan Dasar (Ascending dan Descending, System Belay), Kemampuan Dasar (Strecher Instalation dan Patient Care), dan Evakuasi Korban (Hauling, Lowering Leading & Suspension).


Pemberian materi dilakukan oleh komandan vertical rescue Indonesia Tedi Ixdiana,dengan dibantu oleh intruktur vertical rescue Indonesia yang telah memiliki kompetensi dibidang operasi vertical rescue.Kegiatan operasi penyelamatan di medan ketinggian bukanlah pekerjaan mudah,setiap pelaku penyelamatan wajib memiliki kompetensi vertical rescue.Oleh karena itu Vertical rescue Indonesia memiliki agenda rutin pelatihan pelatihan vertical rescue di berbagai daerah,tujuannya agar relawan vertical rescue tersebar luas.


Setelah pemberian materi peserta diklat dengan didampingi oleh instruktur  melakukan praktek materi materi yang diajarkan.Dengan metode seperti ini,materi yang diajarkan akan mudah diserap oleh peserta diklat.Praktek tersebut wajib diawasi doleh instrujtur secara ketat,karena kegiatan evakuasi di medan ketinggian wajib meminimalkan resiko.Evakuasi korban dari atas gedung merupakan kegiatan yang sangat menegangkan,para peserta sangat antusias melakukan kegiatan tersebut.Beberapa peserta mencoba kegiatan tersebut dari ketinggian 45 meter.


Diklat ini memberikan banyak pengetahuan yang harus dipahami ASN KESDM,terutama berhubungan dengan bidang kerja mereka. Sebut saja operasi penyelematan pada lokasi curam di tambang bawah tanah dan wawasan dalam operasi penyelematan di lokasi-lokasi curam dan penuh resiko. Selain itu juga memberikan keterampilan khusus dalam melakukan operasi penyelematan di ketinggian dengan teknik-teknik efektif dan efisien. Juga memberi pemahaman dan kesadaran akan pentingnya K3 dalam setiap kegiatan agar tidak terjadi kecelakaan kerja.







 

 

 

 

Post a Comment

0 Comments