Gerakan Indonesia Menanam ( Gula Sorgum )

 

 


           


Program gerakan Indonesia menanam kali ini menyambangi kawasan Sumedang,di tempat tersebut anggota Vertical Rescue Indonesia berhasil menanam tanaman Sorgum.Sebagai informasi Sorgum (Sorghum spp.) adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Hampir seluruh bagian tanaman sorgum, seperti biji, tangkai biji, daun, batang dan akar, dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Mulai menjadi makanan seperti sirup, gula, kerajinan tangan, pati, biomas, bioetanol dan tepung. Sorgum termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan karena membutuhkan biaya perawatan yang termasuk murah dan bisa ditanam secara tumpangsari dengan padi gogo, kedelai, kacang tanah atau tembakau, ataupun ditanam secara monokultur. Dalam satu kali tanam, sorgum dapat dipanen lebih satu kali sehingga sorgum tergolong tanaman yang memiliki produktivitas yang tinggi. Daerah budidaya sorgum sangat luas, sorgum dapat hidup mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi dengan iklim tropis-kering sampai iklim basah.

                Data dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan bahwa sorgum memiliki kandungan protein, kalsium, zat besi, fosfor, dan vitamin B1 yang lebih tinggi dibanding beras. Kandungan seratnya juga tinggi. Ini membuat sorgum sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes karena kandungan gulanya yang sedikit. Selain itu, katul bijinya juga mengandung zat tanin yang mempunyai enzim untuk menghambat proses terserapnya pati oleh tubuh. Hal ini dapat membantu kontrol kadar glukosa dan kadar insulin dalam tubuh. Tak hanya sampai itu, sorgum juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan pengembangan dan sirkulasi sel darah merah, mencegah pertumbuhan kanker dan tumor, serta dapat mengontrol kolesterol, dan menguatkan jantung.

                Gerakan Indonesia menanam di Sumedang,memanfaatkan sorgum untuk dijadikan gula,batang sorgum merupakan bahan baku gula tersebut.Proses pembuatan gula sorgum dimulai dari pemilihan batang sorgum yang cukup tua.Batang batang ini kemudian dibersihkan dari kotoran,pembersihan kotoran dilakukan agar air perasan batang sorgum tidak berasa pahit.Setelah batang di bersihkan proses selanjutnya ialah menggiling batang batang tersebut hingga menjadi perasan air.Kemudian air perasan batang ini dididihkan hingga 4 jam.Selama 4 jam tersebut api yang digunakan untuk mendidihkan air perasan batang sorgum harus konstan.Dari mulai dididihkan hingga nanti menjadi gula ada beberapa proses yang dilakukan.Gula sorgum merupakan gula yang baik baigi kesehatan karena kandungan glukosanya rendah sehingga aman bagi penderita diabetes.Setelah 4 jam akhirnya gula sorgum siap dikonsumsi,sekilas penampakan gula ini mirip dengan gula merah.Program gerakan Indonesia menanam merupakan program yang  mendukung ketahanan pangan,melalui program ini diharapkan semua anggota masyarakat memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami.




 

 

 

 

 

Post a Comment

0 Comments