Gurame Soang Ikon Ikan Dari Priangan Timur


Gurame merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, bentuk badan pipih lebar, bagian punggung berwarna merah sawo dan bagian perut berwarna kekuning-kuningan/ keperak-perakan. Ikan gurame merupakan keluarga Anabantidae, keturunan Helostoma dan bangsa Labyrinthici. Ikan gurami berasal dari perairan daerah Sunda (Jawa Barat, Indonesia), dan menyebar ke Malaysia, Thailands, Ceylon dan Australia. Pertumbuhan ikan gurame agak lambat dibanding ikan air tawar jenis lain. Di Indonesia, orang Jawa menyebutnya gurami, Gurameh, orang Sumatra ikan kalau, kala, kalui, sedangkan di Kalimantan disebut Kalui. Orang Inggris menyebutnya “Giant Gouramy”, karena ukurannya yang besar sampai mencapai berat 5 kg.
Ada berbagai macam jenis ikan Gurame,salah satunya ialah jenis Gurame Soang,dikawasan Priangan Timur ikan ini adalah ikonnya.Sebutan ikan Gurame Soang,  berasal dari ciri ikan ini yang bertubuh panjang. Ikan Gurame Soang dalam umur 10 tahun dapat mencapai panjang 60 cm dengan bobot ± 8 Kg.Ikan ini termasuk ikan yang memiliki daya hidup kuat, dapat bertahan di kolam yang sirkulasi airnya kurang. Beberapa petani menanamnya di kolam plastik dan bak dengan ukuran lahan relatif kecil. Meskipun begitu kolam tanam dengan sirkulasi memadai lebih utama. Beberapa catatan pengalaman menyatakan bahwa ternyata pembibitan Ikan Gurame Soang dapat dilakukan di aquarium.
Gurame soang sudah bisa dipanen dalam waktu  6 -7 bulan dengan bobot 700 gram.  Jika benih yang dibesarkan berukuran 100 gram/ekor atau 12 - 16 cm. Gurame jenis lainnya perlu waktu 3 bulan lebih lama (sekitar setahun).Budi daya gurame soang  dilakukan di Ciamis, Tasikmalaya dan Garut, semua itu memerlukan teknik pembesaran yang tepat: benih yang baik, media lingkungan yang mendukung, pakan mencukupi baik kualitas maupun teknik dan rekayasa budi daya yang benar.Untuk memacu pertumbuhan gurame soang  perlu mengoptimalkan pemberian pakan tambahan (daun talas), menambah kedalaman kolam serta rekayasa budi daya.Ciri gurame soang: ada cula di kepala. Lebih nyata setelah umur 3 tahun atau lebih. Telurnya mencapai 4.000 - 5.000 butir per ekor (gurami lainnya, 4.000 - 5.000 butir).Induk jantan (dahi menonjol) sebaiknya sudah berumur 4 - 5 tahun (berat sekitar 2 kg). Sirip putih atau warna lebih terang.Induk betina dahinya rata, sirip warnanya lebih gelap.
Sebagai komoditi unggulan di kawasan Priangan Timur pemasaran ikan ini tidak menemui hambatan,semua petani dikawasan Priangan Timur bisa dengan mudah memasarkannya.
Ikan Gurame merupakan salah komoditas utama di pasar ikan,hal ini bisa dimaklumi karena kelezatan rasa ikan ini.Semua restoran baik kelas menengah maupun kelas atas pasti memiliki menu dari bahan dasar ikan Gurame.Bila kita melancong ke kawasan Priangan timur kita bisa dengan mudah menemukan kolam ikan jenis gurame terutama gurame Soang.Bahkan ada beberapa peternak ikan yang sengaja membuka wisata kuliner buat para pelancong,para pelancong ini bisa memilih langsung ikan yang mereka mau kemudian menyantapnya di sisi kolam sesuai selera mereka.


Post a Comment

0 Comments