Hucap


Beraneka ragam budaya nusantara menjadikan setiap daerah di Indonesia memiliki beranekaragam menu sarapan. Menu sarapan tersebut menjadi makanan khas yang turut memperkaya khazanah kuliner nusantara. Seperti di Kuningan misalnya, masyarakat mengenal Hucap sebagai salah satu menu yang kerap disajikan saat sarapan.Hucap yang merupakan akronim dari tahu kecap merupakan panganan yang mengombinasikan tahu putih dengan ketupat sebagai bahan dasarnya. Tahu yang digunakan juga merupakan produksi lokal Kuningan, yang diyakini lebih padat dan gurih.Selain tahu dan ketupat, hal lain yang juga mempengaruhi kenikmatan rasa Hucap adalah siraman saus kacang. Setelah ditambahkan kecap dan taburan bawang goreng, Hucap sudah siap disajikan sebagai menu sarapan.
Cara penyajian hucap untuk ukuran satu piring tidak terlalu susah, pertama ketupat dibuka kulit pembungkusnya dengan cara dibelah dan kemudian dipotong - potong lalu simpan diatas piring, dan kemudian tahu goreng dipotong dan diletakkan diatasnya, berikutnya siramkan saus atau bumbu kacang sesuai kebutuhan dan tambahkan kecap secukupnya lalu taburi dengan bawang goreng, hucap yang harum dan pasti rasanya yang lezat pun sudah siap untuk dinikmati, sebagai makanan tambahan, anda bisa menambahkan kerupuk dan bakwan yang biasanya sudah tersedia di meja.
Hucap memiliki rasa yang sangat khas dan cocok untuk lidah orang Indonesia, karena bumbu kacangnya yang harum dan gurih serta kecap manis yang legit memberikan cita rasa yang berbeda, maka sangat pantas apabila Hucap ini dijadikan sebagai makanan kuliner tujuan anda saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan. Sepiring hucap saat sarapan dipagi hari akan memberikan tambahan semangat untuk menjalani hari anda dan harganya pun relatif terjangkau, karena anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar delapan sampai sepuluh ribu saja sudah bisa menikmati Hucap yang enak, tentunya apabila anda menambahkan makanan lainnya harganya pun akan bertambah.
Salah satu tempat penjual Hucap yang terkenal di Kuningan adalah warung Hucap Mak Iroh atau Mi. Iroh yang berada di sekitaran Jalan Dewi Sartika, tepatnya berada didekat pusat keramaian Kota Kuningan. Tempat Hucap Mi. Iroh ini setiap pagi disaat jam sarapan selalu dipadati oleh pembeli, karena rasanya yang sangat enak dan berbeda dari Hucap yang dijual di tempat lain.Rahasia kenikmatan hucap ini berada pada saus kacangnya, dimana saus atau bumbu kacang tersebut terdiri dari campuran kacang tanah yang digoreng, cabe merah, gula jawa, garam dan penyedap yang dihaluskan bersama hingga menyatu, selain itu ada juga ketupat sebagai bahan tambahan, ketupat yang biasa dijadikan sebagai campuran hucap ini bukan ketupat biasa karena sudah direbus dengan air merang sehingga kulitnya berwarna cokelat dengan rasa yang lebih nikmat, dan bahan yang paling utama dalam pembuatan Hucap adalah tahu khas Kuningan yang padat dan gurih, untuk menyajikan rasa yang nikmat dan istimewa, tahu buatan lokal tersebut digoreng dadakan dan disajikan saat masih panas.


Post a Comment

0 Comments