Wisata Pendidikan Kebun Binatang Bandung


Harimau Sumatera
Kebun binatang Bandung mempunyai luas lahan sekitar 14 hektare,berlokasi dikawasan Taman Sari.Dari luas 14 hektar itu, dibuat beberapa wahana dengan penggunaan sekitar 18,25% untuk areal kandang-kandang hewan, sekitar 55,20% untuk area pertamanan dan lesehan, 4,7% digunakan untuk taman ria dan juga kolam perahu, dan sekitar 2,4% untuk tempat pengolahan sampah. Sisanya digunakan untuk berbagai bangunan seperti kantor, masjid, museum, teater, aquarium, dan jalan. Untuk tiket masuk ada sedikit perbedaan, hari biasa dikenakan tarif 15 ribu perorang  sedangkan hari libur tarifnya 20 ribu perorang.Untuk koleksi satwa sendiri terdapat sekitar 213 jenis, terdiri dari 79 jenis satwa yang dilindungi dan 134 jenis satwa yang tidak dilindungi. Satwa satwa tersebut berasal dari dalam ataupun luar negeri. Namun dari waktu ke waktu koleksi satwa selalu bertambah, entah itu karena berkembang biak ataupun didatangkan dari berbagai daerah.
Kunjungan kami kali ini dimulai dari kandang harimau sumatera,salah satu hewan langka dengan status dilindungi karena keberadaannya dialam sudah terancam punah.Selanjutnya kami melihat juga hewan karnivora lainnya yang berasal dari mancanegara yaitu singa.Penataan kandang untuk singa cukup unik,dan di desain sangat aman serta sesuai dengan habitatnya di alam liar.
Harimau Sumatera 
Sebagai informasi pohon pohon cukup banyak di sini sehingga kesegaran udara masih cukup terjaga. Kegiatan lainnya yang sangat digemari pengunjung ialah berperahu di danau buatan yang sangat sejuk,selain berperahu kita bisa juga menaiki sepeda air mengelilingi danau ini. Puas menikmati kesejukan danau serta pohon pohonnya,kami melihat berbagai primata seperti orang utan serta wau wau hewan primata ini endemik Indonesia.Selain itu terdapat juga hewan primata dari negeri sakura yaitu kera jepang.

Bagi para pengunjung tempat ini sangat cocok,sebagai wahan pendidikan bagi anak anak.Mereka bisa di kenalkan dengan berbagai satwa yang ada di dunia.Jangan khawatir kesulitan mendapatkan informasi mengenai berbagai satwa,karena di setiap kandang tertulis nama hewan termasuk dalam bahasa latinnya, juga asal habitat serta makanannya. Jadi Anda tidak akan kesulitan mengenalkannya pada anak-anak.Penataan kandang kandang hewan telah ditata sedemikian rupa,disesuaikan dengan habitat alami hewan hewan tersebut sehingga bisa dikatakan hewan hewan yang terdapat dikebun binatang Bandung bebas dari stress

Selain bisa dimanfaatkan sebagai wahana pendidikan yaitu sebagai tempat penelitian berbagai keanekaragaman fauna.Fungsi kebun binatang ialah sebagai tempat perlindungan serta pelestarian alam berbagai flora serta fauna, yang kondisinya sudah mulai terancam akibat ulah manusia.Kegiatan konservasi di kebun binatang ini telah menghasilkan beberapa keturunan hewan hewan langka yang statusnya dilindungi.bahkan beberapa jenis hewan langka hasil pengembangbiakan disini,ada juga yang disalurkan ke kebun kebun binatang lainnya yang membutuhkan untuk menambah koleksi. Dengan adanya kebun binatang mudah mudahan menggugah kesadaran masyarakat akan kelestarian flora fauna di dunia.

Post a Comment

0 Comments