Telaga Warna Dataran Tinggi Dieng


Telaga Warna Dieng adalah salah satu objek wisata yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Wonosobo. Nama Telaga Warna sendiri diberikan karena keunikan fenomena alam yang terjadi di tempat ini, yaitu warna air dari telaga tersebut yang sering berubah-ubah.Secara Administratif, Telaga Warna Masuk Wilayah Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah .Lokasi tepatnya ialah ketika kita memasuki wilayah Dataran Tinggi Dieng,terdapat pertigaan, jalur kanan menuju wilayah Dieng Kulon, belok kanan masuk wilayah Desa Dieng Wetan nah Telaga Warna terletak sekitar 800m melalui jalan jalur kiri.Dari pusat kota Wonosobo kawasan ini bisa ditempuh selam satu jam berkendara,bila menggunakan kendaraan pribadi,kita harus berhati hati karena jalur dijalan ini cukup berbahaya.Kelokan kelokan serta turunan dan tanjakannya sangat curam dibutuhkan konsentrasi tinggi serta kendaraan prima ketika melintasi jalur ini.
Fenomena berubah ubahnya telaga ini menurut mitos yang berkembang di masyarakat Dieng, beragam warna yang muncul dipermukaan Telaga warna, Konon diakibatkan pada jaman dahulu kala ada Cincin milik seorang bangsawan yang jatuh ke dasar telaga tersebut. Sedangkan menurut kajian Ilmiah, warna-warni dipermukaan Telaga tersebut adalah akibat dari pembiasan cahaya pada Endapan Belerang/sulfur didasar Telaga warna. Warna yang dominan muncul dipermukaan telaga warna adalah Warna Hijau, warna putih kekuningan, serta warna biru laut.Telaga Warna berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi sehingga menambah pesona keindahan alam sekitarnya. Keindahan Telaga Warna akan lebih terasa jika kita naik ke salah satu bukit yang mengelilingi telaga ini. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Telaga Warna adalah saat pagi atau siang hari, karena pada sore hari, kabut tebal akan menutupi daerah sekitar Telaga Warna, sehingga pengunjung tidak dapat menikmati keindahan alamnya.
Mitos lainnya  yang cukup populer berkembang masyarakat Dieng ialah, konon katanya Telaga Warna ini adalah salah satu tempat mandinya Dewi Nawang Wulan( 7 Bidadari). Tempat ini pun dari dahulu dijadikan sebagai tempat pembentukan karakter manusia, sehingga setiap sudut tempat ini memancarkan makna, dimulai dari warna air yang ada di Telaga Warna yang melambangkan lima unsur manusia atau disebut juga ” Sedulur Papat Kalima Pancer ” hal ini berarti bahwa kita manusia yang terlahir dari kandunganseorang ” ibu ” yang kelak akan menjalani kehidupan, intinya kita harus ingat kepada ” Sang Pencipta ”serta menghormati ibu dan hidup bermasyarakat menurut ajaran agama.
Harmonisasi alam antara keasrian alam pegunungan dengan udara sejuk dan bersih membuat suasana Telaga Warna Dieng begitu memikat. Para pelancong akan merasakan suasana mistis, hening jauh dari keramaian semua nuansa ini disapu oleh kabut putih dan pepohonan rindang. Selain sebagai tempat wisata favorit di kawasan Dieng,keberadaan Telaga Warna sangat berguna bagi masyarakat sekitar Mereka menggunakan air dari Telaga Warna sebagai sumber irigasi untuk mengairi tanaman kentang yang menjadi komoditas utama di kawasan ini.



Post a Comment

0 Comments