Telaga Warna Bogor


Berlibur ke puncak Bogor merupakan hal biasa yang dilakukan pelancong dari berbagai daerah.Namun tahukah anda daerah yang terkenal dengan hamparan kebun teh serta udara sejuk ini memiliki tempat wisata unik serta penuh misteri.Tempat wisata ini bernama Telaga Warna,jangan terkecoh dengan namanya,meskipun di namakan Telaga Warna namun Telaga ini tidaklah berwana warni,telaga ini hanya memiliki air berwarna kehijauan.Lokasi tepatnya cukup dekat dengan objek wisata Gunung Mas, Secara administratif, telaga ini masuk dalam wilayah konservasi Bogor, tepatnya di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, atau kawasan yang terkenal dengan sebutan Bogor-Puncak-Cianjur. Aksebilitas menuju lokasi cukup bagus,bisa dilalui oleh berbagai kendaraan,dari pinggir jalan raya puncak hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk mencapai lokasi.Tiket masuknya hanya 2000 rupiah perorang, cukup terjangkau bukan.
            Para pelancong yang datang akan di suguhi panorama alam yang unik dan memiliki misteri. Suasana di sini cukup sejuk dan tenang, jauh dari keramaian sehingga sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga dan kawan-kawan.Daya tarik utama tempat ini ialah danau dengan warna air kehijauan,yang di sekelilingny di tumbuhi oleh pepohonan vegetasi hutan hujan tropis.di tempat ini dapat dijumpai beberapa jenis flora asli hutan tropika pegunungan. Tumbuhan-tumbuhan yang dimaksud, seperti Puspa dan Kihiur serta beberapa tanaman tingkat rendah, antara lain Paku Tiang, Rame, dan Rotan.Selain flora anda juga bisa menemukan fauna liar, seperti hewan mamalia, primata, aves, dan reptilia. Adapun mamalia yang masih ada ialah macan tutul dan babi hutan. Kemudian jenis primata yang dilindungi di objek wisata Telaga Warna ialah kera abu-abu,surili,dan lutung.
            Fasilitas penunjang wisata tersedia lengkap,kita bisa menemukan sarana ibadah serta toilet.Selan itu terdapat juga menara untuk mengamati berbagai jenis burung,bahkan apabila kita beruntung,Elang Jawa yang terancam punah pun biasanya bisa dengan mudah kita lihat terbang di rerimbunan pepohonan.Beberapa tahun belakangan pihak pengelola sengaja membuat fasilitas tambahan berupa arena out bond serta flying fox melintasi telaga,hal ini dilakukan semata mata untuk menarik minat pengunjung.
            Menurut cerita rakyat setempat awal mula telaga ini berasal dari bekas Kerajaan Kutatanggeuhan,konon sang raja lama tidak di karunia anak.Singkat cerita stelah menunggu sekian lama akhir nya beliau di karunia anak perempuan cantik.Pada saat melakukan pesta syukuran sang anak menolak pemberian sang raja,karena kelakuan sang anak maka keluarlah air dari tengah kraton,air ini semakin membesar sehingga menenggelamkan seluruh kerajaan beserta seluruh isinya.Hingga akhirnya menjadi Telaga Warna yang bisa kita lihat sekarang, Sewaktu-waktu, kejadian langka kerap berlaku di danau ini. Misalnya air telaga yang tenang dan jernih itu, sering berubah-ubah warna tanpa sebab yang jelas. Fenomena seperti itu terus terjadi sampai sekarang, sehingga orang-orang menyebutnya Talaga Warna. Karena keanehan itulah banyak orang yang kebetulan melihat air telaga berubah warna, sering mengambil airnya untuk obat.Selain itu, di dalam Talaga Warna, dipercaya  terdapat dua jenis ikan yang hingga kini menjadi misteri. Ikan itu ukurannya besar. Yang berwarna hitam diberi nama si Tihul dan yang kuning dinamakan si Layung. Namun kedua ikan ini tidak ada yang mengetahui mana yang betina dan mana yang jantannya. Kabarnya, dua ikan ini sering berpindah-pindah. Sesekali sering terlihat di sumber mata air Sarongge Cianjur, dan kali lain ada di sumber air Ciburial Bogor.Ada keyakinan bila seseorang berhasil melihat ikan tersebut, maka segala apa yang menjadi cita-citanya akan terkabul. Malah bagi siapa yang dikehendaki, ikan itu pun sewaktu-waktu akan menampakkan diri dan meloncat ke atas permukaan air telaga. Wallahualam bissawab.
            Terlepas dari berbagai mitos ini,keanekaragaman hayati yang terdapat di sini merupakan kekayaan yang tidak ternilai.Mata airnya merupakan salah satu sumber air bagi sungai Ciliwung.Selain itu vegetasi hutan hujannya kerap dijadikan sarana penelitian oleh kalangan akademisi,karena tempat ini menyediakan ekosistem hutan hujan tropis yang masih lengkap.Untuk itu upaya pelestarian mutlak di perlukan,karena fungsinya yang cukup besar,hal lainnya ialah agar anak cucu kita kelak masih bisa menikmati panorama alam cantik mempesona ini.Bila anda penasaran,ketika berlibur ke kawasan puncak,sempatkanlah mengunjungi tempat wisata ini,di jamin anda akan puas menikmati pesonanya.

Post a Comment

0 Comments