Taman Wisata Alam Talaga Bodas


Danau Kawah Talaga Bodas
Keindahan wisata alam Jawa Barat sangat beragam,hampir di setiap daerah memiliki potensi wisata alam khas.begitu pula dengan daerah Garut,daerah dengan julikan swiss van java ini,sudah sejak lama di kenal dengan potensi wisata alam melimpah.seperti tempat yang akan kami kunjungi kali ini yaitu Taman wisata alam Talaga Bodas, secara administratif terletak di Desa Sukamenak, kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut – Jawa Barat dan merupakan perbatasan antara Kabupaten Garut dengan Kabupaten Tasikmal;aya. Kawasan TWA ini dikelola oleh BKSDA Jawa Barat II dengan status kepemilikan lahan oleh Departemen Kehutanan. TWA Talaga Bodas dikelola berdasarkan aspek legalitas berupa SK Mentri No : 98 / KPTS / UM / 1978. Kawasan TWA Kawah Talaga Bodas memiliki luas kawasan sebesar 23,85 ha.
Untuk mencapai kawasan ini tidak terlalu sulit, dari pusat kota Garut hanya berjarak 28 kilometer dengan akses. Sayang sekali selepas kecamatan Wanaraja akses jalan nya tidak terlalu bagus,banyak lobang serta batu besar,sehingga di butuhkan kendaraan dengan penggerak empat roda untuk melalui nya.Namun secara umum keindahan bentang alam nya sangat indah,kawasan yang berada di atas 1500 dpl ini,memiliki konfigurasi alam unik,danau kawah serta flora fauna yang masih terjaga,akan membuat para pengunjung betah berlama lama di tempat ini.tetapi fasilitas pendukung pariwisata di tempat ini bias dikatakan masih minim.ketersedian pondokan untuk para pengunjung hanya terdapat beberapa buah,belum lagi pedagang  makanan dan minuman dengan jumlah terbatas.
Keindahan danau kawah di tempat ini sangat menakjubkan,air danau berwarna kehijauan dengan pepohonan rindang di sekeliling nya,sangat menyejukan hati,keindahan nya tidak kalah dengan danau kawah putih di ciwidey.bahkan dalam beberapa kesempatan sering juga para fotograper,mengabadikan keindahan danau nya.Selain menikmati keindahan danau kawah,para pengunjung bisa juga menikmati sumber air panas alami yang konon berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit,selain itu tempat ini juga sering di pakai oleh para peziarah,dalam bulan bulan tertentu, di percaya mampu memberikan barokah bagi para peziarah ini. Dengan segala potensi nya tempat ini sanagt cocok sebagai salah satu daerah tujuan wisata di kota Garut,Namun untuk saat ini masih banyak hal yang perlu di perhatikan,seperti akses jalan yang belum terlalu bagus.

Post a Comment

0 Comments