Sepotong Senja Dari Menganti


Pantai Menganti
Eksplorasi pantai pantai di selatan Kebumen ditutup dengan perjalanan ke Pantai Menganti. Lokasi pantai Menganti Kebumen berada di desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai Menganti ini dibatasi perbukitan batu gamping dan batu bekas gunung api.Akses menuju Pantai ini  kurang lebih sekitar 45 KM dari Kota Gombong dan Kebumen.Dari pusat kota Kebumen Terus menuju ke arah barat mengikuti jalur yang berkelok. Setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari Pantai Suwuk menuju Pantai Menganti Kebumen. Pantai Menganti Kebumen. Pantai Menganti salah satu pantai terindah di Kabupaten Kebumen maupun di Provinsi Jawa Tengah. Pasir pantai yang berwarna putih, karang – karang yang tertata apik di sepanjang pantai,serta jajaran perahu nelayan ialah hal yang pasti ditemui di pantai ini.
Menurut cerita warga sekitar pantai ini, dulu kala ada seorang panglima perang dari kerajaan Majapahit yang melarikan diri ke pesisir selatan Jawa karena hubungannya yang dengan sang kekasih yang tidak di restui oleh Raja. Dan mereka bersepakat untuk bertemu du tepi samudra yang berpasir putih nan indah. Sepanjang hari, sang panglima pun terus menanti sang pujaan hati yang rupanya, sang pujaan hati itu tidak kunjung tiba di atas bukit kapur. Dan sang panglima itu terus menanti dan menanti hingga lama. Dan berdasarkan cerita itulah asal mula nama Pantai Menganti.Pantai Menganti baru dibuka untuk destinasi wisata oleh pemerintah desa setempat tahun 2011.Kegigihan dalam membangun lokasi wisata ini,mulai menampakan hasilnya,terlihat dari kunjungan para pelancong yang cukup banyak terutama di akhir pekan.
Fasilitas penunjang wisata telah tersedia cukup lengkap,pihak pengelola sengaja membuat perencanaan cukup baik dalam menata para penjual makanan serta minuman dan lahan parkir.Untuk sarana ibadah serta toilet kita bisa menemukannya dengan cukup mudah.Salah satu yang khas dari Menganti ialah hidangan lautnya yang sangat terkenal,karena cita rasanya yang sangat lezat.Hal ini bisa dimaklumi karena bahan baku hidangan laut ini didapatkan langsung dari nelayan setempat dengan kata lain masih cukup segar.Berbicara keelokan panorama Menganti pantai ini memiliki karakteristik cukup unik,perpaduan batuan karst dengan hamparan birunya samudera Hindia ialah sesuatu yang tidak perlu diperdebatkan lagi keindahannya.Hal ini diakui oleh para pelancong yang datang,banyak dari mereka mengakui bahwa tempat ini banyak menginspirasi.
Pantai Menganti
Untuk memajukan lokasi wisata disini,pihak pengelola membangun fasilitas villa diatas bukit dengan pemandangan lautan lepas.Disekeliling villa ini disediakan pula puluhan gubuk gubuk kecil dengan atap daun kelapa.Penataan gubuk gubuk ini sangat bagus sehingga memebuat betah para pelancong ketika menikmati samudera Hindia dari atas ketinggian.Kalangan muda mudi yang lagi kasmaran menajdikan gubuk gubuk ini spot yang wajib mereka singgahi ketika berkunjung di Menganti.Bagi para pehobi olahraga selain menikmati keindahan panorama pantai,kita bisa juga berhiking disekililing lokasi perbukitan,jalr yang sengaja dibuat pengelola ini cukup lumayan untuk menguras keringat.Puas menikmati segala keindahan Menganti,kami mengakhiri petualangan dengan menikmati terbenamnya sang surya di ufuk barat.Suasana bergantinya siang dengan malam diatas perbukitan Menganti sangat indah dan romantis,sulit dilukiskan dengan kata kata.Keindahan inilah yang membuat para pelancong berkali kali mengunjungi Menganti,istilahnya sepotong senja dari Menganti selalu tertambat dihati.  

Post a Comment

0 Comments