Pantai Lampon Kebumen



Petunjuk Arah Atraksi Wisata Pantai Lampon

Perjalanan kami kali ini ialah menuju kawasan Jawa Tengah,provinsi yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Barat,dikenal memiliki destinasi wisata alam menjanjikan.Kemudi membawa kami menuju kawasan Kebumen,Sebagian wilayah kabupaten ini terletak di pesisir selatan. Kebumen yang terletak di sisi selatan Jawa Tengah banyak mempunyai pantai yang indah. Seperti pada umumnya pantai di selatan Jawa, hamparan pasir putih menghiasi berpadu dengan dinding karang yang terjal. Sementara di hadapan membentang lautan Samudera Indonesia yang berwarna kebiruan. Dan tentu saja debur ombak yang menggelegar.Layaknya kawasan selatan Jawa Barat,kawasan selatan kebumen ini banyak memiliki kemiripan.Panorama kawasan pantai yang masih alami serta pemandangan cantik mempesona ialah hal yang sering dirindukan oleh para pelancong.Tujuan pertama dalam eksplorasi kawasan pantai selatan Kebumen ialah Pantai Lampon. Pantai Lampon terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah Kebumen atau berjarak sekira 38 Km dari Kota kebumen kearah barat daya. Pantai Lampon merupakan pantai rahasia sekaligus tersembunyi. Pantai ini urung banyak diketahui oleh wisatawan umum. Pantai Lampon memang bukan tempat wisata. Lokasinya tertutup oleh bukit dan hiruk pikuk aktivitas nelayan.
            Pantai Lampon mendiami teluk sempit di selatan perbukitan Kawasan Karst Gombong Selatan (KKGS). Pantai Lampon bukanlah pantai yang luas dan panjang Meski areanya tak terlalu luas, Pantai Lampon Kebumen ini bisa menjadi alternatif wisata dan memang di awal tahun 2015 ini mulai banyak dikenal wisatawan melalui jejaring sosial. Sebenarnya Pantai Lampon sendiri letaknya tak terlalu jauh dari Pantai Pasir di Kecamatan Ayah yang sudah banyak dikenal orang.  Tapi untuk mencapai pantai ini, wisatawan harus mengeluarkan tenaga ekstra dengan berjalan kaki dan mendaki bukit selama 15 menit. Sebab, posisi pantai berada persis di belakang bukit Watu Pendel.
            Dari atas ketinggian inilah paduan batuan karst dengan birunya Samudera Hindia menciptakan panorama alam sangat menakjubkan.Diatas jajaran bukit ini pihak pengelola membangun beberapa spot menarik untuk para pecinta fotografi.Hal ini menjadikan Pantai Lampon menjadi spot favorit bagi mereka,bahkan para pecinta selfie di wilayah Kebumen menjadikan pantai ini sebagai lokasi wajib dikunjungi.Bila kita bosan dengan pemandangan dari atas,dengan menyusuri jalan setapak kita bisa mendekat ke wilayah pesisirnya.Hamparan pasir disini memang tidak terlalu panjang,namun memiliki keindahan tersendiri.Ombaknya yang cukup besar sangat berbahaya bagi para pengunjung,oleh karena itu pengelola tidak menyarankan pelancong untuk berenang.
            Fasilitas penunjang wisata,sudah tersedia cukup lengkap para penjual makanan minuman,toilet maupun tempat parkirtelah disediakan oleh pengelola.Waktu kunjungan para pelancong ke tempat ini ialah setiap akhir pekan.Meskipun baru setahun belakangan dibuka untuk pariwisata,namun para pengunjung sudah mulai banyak berdatangan ke tempat ini.Pengaruh dari kemajuan teknologi internet sangat berpengaruh dalam kunjungan para pelancong dari luar daerah tersebut.



Post a Comment

0 Comments