Menikmati Malam di Angkringan


Nah ketika malam menjelang saya jalan jalan di sekitar jalan Malioboro mencari angkringan yang dimaksud,cukup gampang untuk mencarinya.Kepopuleran angkringan menyebabkan hampir disemua sudut kota Yogya kita dapat dengan mudah menemukannya.Setelah putar putar saya putuskan untuk menikmati sajian kuliner di salah satu angkringan dengan pemandangan kawasan Malioboro.Menu yang ditawarkan cukup banyak,saya memilih sego kucing dua bungkus,sate telur puyuh,bacem tempe serta sate usus,untuk minuman sengaja saya memilih teh nasgithel untuk menyegarkan tenggorokan.Tidak menunggu waktu lama hidangan 

Jenis makanan yang biasanya di jual di Angkringan
itu semuanya hilang dalam sekejap,berpindah kedalam perut saya.Setelah selesai menikmati hidangan saya ajak mas Slamet penjual angkringan untuk mengobrol sejenak.
Dari obrolan itu saya banyak menemukan informasi,yaitu hidangan dalam angkringan selalu terdiri dari beberapa menu wajib,diantaranya, Kopi joss layaknya kopi biasa, namun bedanya adalah di dalam  kopi ini dimasukkan bara arang. Jadi setelah kopi sudah jadi dibuat, bara arang yang masih menyala dimasukkan ke dalam cangkir kopi tersebut sehingga keluar seperti suara “jooosss…” kemudian langsung ditutup. Menurut mas Slamet ada efek bagus buat tubuh, selain itu rasanya jadi sedikit beda. Ada sensasi bau arang yang menambah kenikmatan. Selain kopi hitam, kopi joss juga bisa dibuat dari kopi susu.Menu andalan kedua dari angkringan adalah sego kucing atau nasi kucing, kenapa dinamakan sego kucing? mungkin karena porsinya yang mini sama kayak porsinya kucing dengan toping ikan teri.harganya bervariasi antara 1.000-2.000 rupiah. Menu wajib berikutnya adalah gorengan sebagai pelengkap nasi kucing. Biasanya tiap angkringan menyediakan gorengan berupa mendoan (tempe selimut) dan tahu susur (tahu isi sayuran).Jenis gorengan lainnya yang turut dijual adalah bakwan (gorengan) isi sayuran, biasanya toge, wortel atau bayam), pisang goreng, singkong goreng, tape goreng,dan lumpia.
            Menu wajib selanjutnya ialah aneka sate, jenisnya sangat beragam,antara lain: sate ayam, sate ati-ampela, sate usus, sate telur puyuh, sate kerang, sate kicik, sate bekicot, sate bakso dan lainnya.Menu selanjutnya ialah Baceman, adalah makanan yang dimasak dalam tempo yang lama sehingga bumbunya bisa masuk sampai ke dalam. Rasa utamanya manis, dan terkadang ada rasa dari bumbu lainnya. Baceman yang sering dijual adalah bacem tempe, tahu, kepala ayam, sayap ayam, ati-ampela, tempe koro, sampai terkadang tempe benguk. Di angkringan, snack yang disediakan sangat beragam, mulai dari makanan bermerek sampai buatan sendiri. Diantaranya adalah kerupuk bundar, kacang bawang, kacang telor, kacang atom, kerupuk puli, kerupuk udang dan lainnya.Selain itu angkringan juga menyediakan aneka wedang (minuman hangat). Wedang yang jamak ada adalah teh nasgithel (panas-legi-kenthel), kopi hitam, jahe emprit, bajigur, wedang uwuh, sampai aneka wedang instan.


Post a Comment

0 Comments