Industri Kerajinan Kulit Sukaregang Garut


           

Selain terkenal dengan oleh oleh dodol,ada lagi oleh oleh khas dari Garut yang sudah lama dikenal masyarakat luar Garut,oleh oleh tersebut ialah kerajinan berbahan dasar kulit.Industri kulit di Garut telah berjalan sejak masa kolonial Belanda,tepatnya di tahun 1920an,saat itu alat alat untuk menyamak kulit di datangkan langsung dari Belanda.Hingga kini alat alat tersebut masih dipakai oleh para penyamak kulit di sana. Sentra utama pembuatan pakaian, aksesori, dan jaket kulit di Kabupaten Garut adalah Desa Sukaregang. Desa yang terletak tidak jauh pusat kota Garut itu bak Milan di Italia atau Paris di Perancis.

Begitu Anda datang ke sana, tampak berjejer banyak toko yang menjual jaket kulit dengan aneka motif dan model yang seringkali mengikuti tren fashion terbaru dewasa ini. Para pedagang yang biasanya memiliki mitra pengrajin kulit tersebut juga memajang topi, dompet, dan tas yang semuanya berbahan kulit dengan selisih harga jauh bila Anda membeli di kota-kota besar seperti Bandung dan Jakarta.Perbedaan harga produk kulit Sukaregang sangat signifikan,untuk jaket kulit saja di Sukaregang dijual mulai harga 800 ribu tergantung kualitas kulitnya.Nah untuk jaket kulit dengan harga 800 ribu di Sukaregang,di kota Bandung kisaran harganya bisa mencapai 1,5 juta.

Setali tiga uang untuk produk lainnya berbahan kulit pun sama saja,selisih harga di Sukaregang dengan di kota kota  besar bisa mencapai ratusan ribu rupiah. industri kulit di Kabupaten Garut saat ini mampu menyerap lebih dari ribuan tenaga kerja lokal. Besarnya tenaga kerja yang terserap disektor tersebut adalah jawaban atas permintaan, aksesoris,tas,sepatu dan jaket kulit yang terus mengalir dari daerah-daerah di luar Kabupaten Garut seperti dari Bandung, Jakarta, serta beberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali maupun Sumatera. Pantas bila pengrajin jaket kulit di Garut tumbuh dan berkembang lebih cepat dibandingkan pengrajin kulit di daerah-daerah lain, apalagi kini jaket kulit dari Kabupaten Garut sudah menebus pasar mancanegara dengan negara tujuan ekspor antara lain Singapura, Malaysia, Taiwan, dan Jepang.

Bagi masyarakat Sukaregang industri kulit tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupannya,produk produk barang dari kulit ini menjadi tulang punggung perekonomian Sukaregang.Desain barang barang kulit biasanya perpaduan dari pengrajin Sukaregang dan permintaan dari luar,saat ini desain kerajinan kulit Sukaregang tidak kalah dengan produk dari luar.Bahkan beberapa produk kulit seprti sepatu dan jaket desainnya sangat kekinian dan selau mengikuti perkembangan mode.Keuntungan belanja produk kulit disini ialah kualitas barangnya terjamin dengan harga kompetitif sangat jauh bedanya dengan harga produk kulit di kota kota besar.


Post a Comment

0 Comments