Pantai Manalusu

Perjalanan  kami kembali mengunjungi sebuah daerah di Garut Selatan, yaitu pantai yang bernama Manalusu.Dari kota kecamatan pameungpeuk,pantai ini bisa di tempuh  kurang lebih setengah jam perjalanan, mengunakan kendaraan roda empat.  akhirnya kami sampai juga ke pantai ini. sungguh sebuah pemandangan indah, terpampang di depan mata. hamparan pasir putih, berpadu dengan deburan ombak, menghantam karang, menimbulkan sensasi yang luar biasa. topografi pantai manulusu, secara garis besar dilingkupi, oleh hamparan karang di sepanjang pesisir nya. oleh karena itu bila datang ombak pasang, banyak sekali ikan ikan, yang terdampar di dalam cerukan cerukan karang.Dengan topografi yang demikian, tidak mengherankan, banyak diantara masyarakat setempat, selain menangkap ikan untuk konsumsi, banyak juga yang menangkap ikan hias,untuk di jual kepada para kolektor ikan hias. dari informasi yang kami peroleh ikan hias ini, kebanyakan di pasarkan ke kota Jakarta. kebetulan ketika kami berkunjung kesana, kami melihat beberapa ekor ikan hias, terperangkap dalam cerukan cerukan karang.

sumber foto Garut update
Pantai yang di populerkan oleh salah satu administrator perkebunan sawit condong Karl Manalusu ini,memiliki taman laut yang indah,keindahan nya kerap di sandingkan dengan taman laut bunaken.namun saying sekali,keindahan taman laut ini belum di ketahui banyak orang,hanya segelintir saja para penyelam yang pernah mendatanginya.salah satunya karena kurang promosi mengenai pantai ini. selain Pantai manalusu juga memiliki pemandangan yang masih alami, sangat cocok untuk para pengunjung, yang senang menghabiskan waktu menikmati keindahan alam. keunikan lainnya di tempat ini, ialah para pelancong dapat berinteraksi dengan air laut yang banyak, tergenang dalam cerukan karang. dari tempat ini kami melanjutkan perjalanan,menuju sebuah pelabuhan pendaratan ikan tradisional cimari. sayang sekali karena terbatasnya infrastruktur pendukung penangkakapan ikan, tangkapan ikan para nelayan belum optimal. dalam artian, belum semua potensi ikan di tempat ini bisa di garap. padahal secara topografi potensi ikan di tempat ini cukup besar.
ketika sore menjelang kami mampir sejenak di pantai Santolo. dibandingkan pantai lain di wilayah Garut Selatan. infrastruktur pendukung pariwisata di Santolo cukup lengkap. berbagai penginapan dengan berbagai tipe tersedia di tempat ini. selain itu santolo, juga terkenal dengan hidangan masakan laut. seperti ikan bakar, kerang kerangan dan cumi yang diolah dengan berbagai bumbu. bahkan dibeberapa rumah makan, menyediakan lobster dan  ikan laut lainnya untuk para konsumen

Post a Comment

0 Comments