Balai Pengelolaan Anjungan Jawa Barat Taman Mini Indonesia Indah

Anjungan Jawa Barat ( sumber foto tmii.com )

Pemerintah Propinsi Jawa Barat membangun Anjungan Jawa Barat Taman Mini “Indonesia Indah” untuk memperkenalkan potensi Provinsi Jawa Barat kepada seluruh masyarakat Indonesia dan manca negara sesuai dengan fungsi Taman Mini “Indonesia Indah” secara keseluruhan sebagai pusat pelestarian, pembinaan, pengembangan dan informasi seni, budaya dan wisata. Fungsi lainnya ialah menampung serta menyalurkan segala aspirasi dan keinginan masyarakat daerah yang berada di Jakarta dan sekitarnya untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan terutama dibidang seni, budaya dan wisata. Balai Pengelolaan Anjungan Jawa Barat di Taman Mini “Indonesia Indah” sebagai salah satu dari lima UPTD Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat,berfungsi untuk memperkenalkan potensi kebudayaan dan pariwisata Jawa Barat kepada seluruh masyarakat Indonesia dan manca negara sesuai dengan fungsi Taman Mini “Indonesia Indah” secara keseluruhan sebagai pusat informasi, pelestarian, pembinaan, dan pengembangan seni, budaya dan wisata.

Disamping fungsi-fungsi yang disebutkan di atas, Anjungan Jawa Barat juga berfungsi sebagai sarana rekreasi dan edukasi yang dapat menambah wawasan sosial, pariwisata dan seni budaya bagi masyarakat Jawa Barat sendiri, pengunjung umum serta wisatawan domestik maupun manca negara dengan tujuan dapat meningkatkan apresiasi mereka terhadap keaneka ragaman budaya bangsa Indonesia.Dari gambaran sekilas, tentunya kegiatan Balai Pengelolaan Anjungan Jawa Barat diharapkan dapat beperan aktif dalam menunjang visi dan misi Pemerintah Propinsi Jawa Barat. Tidak akan terhidarkan pula bahwa peran serta semua fihak baik dari jajaran Pemerintahan, Lembaga masyarakat, Pengusaha dan fihak-fihak lainnya dapat berperan aktif untuk lebih memberdayakan Balai Pengelolaan Anjungan Jawa untuk lebih berkembang lagi.Beberapa seksi di Balai Pengelolaan Anjungan Jawa Barat 
Seksi Seni Budaya.
Pelaksanaan Seksi Seni Budaya terdiri dari pergelaran kesenian rutin, baik pergelaran pada hari libur (hari Minggu dan hari besar/nasional) maupun pada event-event tertentu.
Pergelaran kesenian ini terbagi dalam katagori :
1. Pergelaran kesenian dari Pemerintah Kabupaten dan Kota se Jawa Barat.
2. Pelaksanaan pergelaran kesenian yang diselenggarakan dengan koordinasi Taman Mini “Indonesia Indah”. Pergelaran kesenian ini dengan mengacu pada Pekan-pekan Taman Mini “Indonesia Indah”, Pekan Lebaran, Pekan Hari Ulang Tahun, Pekan Suro, Pekan Liburan Sekolah, Pekan Agustus, Pekan Wira Budaya dan Pekan Desember.
4. Pelaksanaan pergelaran kesenian di luar program kerja yang telah ditentukan, yaitu melayani permintaan dari luar seperti keperluan hiburan pada acar resepsi pernikahan, pembukaan perusahaan, acara peluncuran produk dan sebagai nya
5. Melaksanaka Evaluasi berbagai pergelaran kesenia yang telah dilakukan untuk dikaji ulang baik kuantitas maupun kualitas.
6. Melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kesenian Jawa Barat dalam bentuk seni tari klasik, tradisional dan kreasi maupun kesenian lainnya seperti karawitan (degung), rampak kendang dan kacapi suling.
C. Seksi Promosi dan Informasi
Pelaksanaan Seksi Pameran meliputi pameran kebudayaan dan pariwisata Jawa Barat, secara rutin pameran ini ditayangkan melalui :
1. Pameran statis dalam bentuk-bentuk gambar, foto, grafik, hasil kerajinan tangan, duplikat barang-barang bersejarah, diorama, patung dan foto slide.
2. Pameran aktif dalam bentuk penayangan multi media (video dan audio visual) dan website (internet). Promosi secara menyeluruh program-program kegiatan yang mencakup Pemerintah Propinsi Jawa Barat, pergelaran kesenian, kegiatan khusus, peragaan pembuatan kerajinan, dan sebagainya.
3. Invetarisasi data Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat sebagai informasi;
4. Pelayanan Informasi tentang Jawa Barat khusus nya seni budaya dan pariwisata baik melalui leaflet, brosur, perpustakaan, audio visual, internet maupun keterangan secara lisan kepada pengunjung yang memerlukan.
Kegiatan
I. Program Pengelolaan Kekayaan dan Keragaman Budaya:
1. Gema Ekspresi Seni Kiwari
2. Karnaval Prajurit
3. Parade Tari Nusantara
4. Gema Perkusi Nusantara
5. Parade Lagu Nusantara
II. Program Pengembangan Pemasaran Pariwisata;
1. Pameran Objek dan Daya Tarik Wisata Jawa Barat
2. Peragaan Pembuatan Kerajinan Cinderamata Khas Jawa Barat
Dalam upaya mendukung misi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat yaitu “Mempromosikan kepariwisataan Jawa Barat“ maka tak heran jika Balai Pengelolaan Anjungan Jawa Barat yang merupakan Unit Pelaksanan Teknis Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Prov. Jawa Barat selalu konsisten dalam penyelenggaraan kegiatan bertemakan kepariwisataan dan secara berkala pada setiap tahunnya. Kegiatan pameran yang penataan standnya dilombakan dan akan memperebutkan trophy dari Direktur Utama TMII serta Piala bergilir dari Dinas Pariwista dan Kebudayaan Prov. Jawa Barat ini memiliki benefit yang jelas yaitu merangsang pertubuhan kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata di Jawa Barat, paling tidak kegiatan ini menjadi salah satu gerbang informasi wisata Jawa Barat di kawasan objek wisata nasional berskala Internasional.
Sumber : anjjabar.go.id


Post a Comment

0 Comments