Pabrik Keju Natura Gouda Sukabumi


Kota sukabumi selain terkenal akan kue moci,ternyata memiliki sebuah tempat yang cukup unik, berlokasi di wilayah kecamatan baros,tempat yang saya tuju ialah pabrik keju natura gouda, tempat ini menawarkan wisata edukatif bagi para pengunjung,jarak nya tidak begitu jauh dari pusat kota sukabumi, hanya sekitar 20 menit menggunakan kendaraan roda empat, tepatnya di daerah bukit baros cempaka.  setelah sampai di lokasi, kesan pertama yang saya tangkap, ialah tempatnya sangat mengasyikan, suasana segar dengan udara khas pegunungan.
saya cukup beruntung pabrik
( sumber foto bukitbaros.co.id )
nya baru memulai aktivitas pembuatan keju, saya pun tidak membuang waktu dan langsung melihat proses nya dari awal.pembuatan keju di mulai dari, penampungan susu sapi, dalam milk cans untuk di pasteurisasi pada suhu 65 derajat celcius,selanjutnya setelah selesai, susu kemudian di masukan kedalam tobbe ,untuk di dinginkan dan di beri bahan penggumpal. selanjutnya di iris menjadi potongan potongan kecil, air endapan nya di buang sebanyak sepertiga bagian, lalu di masukan air panas bersuhu 32 derajat celcius dan air endapan nya di buang kembali sebanyak sepertiga bagian. selanjutnya masukan kembali air panas bersuhu 36 derajat celcius, dan air endapan nya di buang seluruhnya. susu yang sudah menggumpal lalu di cetak dan di pres setelah didiamkan beberapa jam, kemudian di rendam dalam air garam. selama beberapa hari setelah itu keju kemudian di masukan ke dalam ruang pemeraman selama hampir 2 bulan, setelah itu barulah siap di konsumsi.
Sebagai sebuah industri berskala menengah,pembuatan keju di tempat ini telah memberikan keuntungan yang cukup besar bagi masyarakat setempat.terutama dalam segi peternakan sapi,hampir semua susu yang dihasilkan oleh peternak di sukabumi di tampung di tempat ini.bahkan apabila permintaan keju cukup meningkat,bahan baku susu cair ini harus di datangkan dari luar daerah.untuk menikmati fasilitas melihat proses pembuatan keju seperti yang saya lihat,ternyata cukup gampang,para pengunjung yang datang terlebih dahulu harus memeberitahu kepada pihak pabrik,kemudian di tentukan jadwal kunjungan nya.mengenai tarif yang harus di keluarkan pengunjung pihak pengelola mengklaim  dijamin cukup terjangkau.Hasil produksi keju ini sebagian besar d ekspor ke mancanegara,hanya sebagian kecil saja yang bisa di nikmati di dalam negeri.hasil keju nya terutama di ekspor ke negara negara eropa.
proses pembuatan keju ini sudah menjadi daya tarik wisata sejak lama. bahkan konsep wisata edukatif ini, telah menjadi salah satu, primadona wisata di sukabumi. sayapun merasakan manfaat dan memperoleh banyak pengetahuan, dengan berkunjung ke tempat ini.selain mengunjungi kawasan pabrik, para pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas lain di tempat ini, misal nya menikmati panorama alam sambil beroutbond, ataupun berbelanja berbagai penganan khas berbahan dasar  dari keju

Post a Comment

0 Comments