Desa Wisata Cibuntu Kuningan





Atraksi Angklung Anak anak Desa Cibuntu

Kuningan sejak lama dikenal sebagai salah satu daerah di Jawa Barat dengan potensi wisata cukup banyak. Berbicara mengenai potensi wisata di daerah ini cukup beragam, namun secara garis besar potensi wisata alamnya mengambil porsi cukup besar.Satu yang paling menonjol ialah berwisata di taman nasional gunung Ciremai, ditempat ini mulai dari camping ground sumber air panas,air terjun, hutan wisata, hingga treking menuju puncak Ciremai,adalah jualan utamanya. Selain potensi wisata alam, wisata ziarah serta atraksi budaya banyak juga kita temukan, bahkan ikan dewa atau ikan kancra yang langka hanya bisa kita temukan di sini.
Salah Satu Situs Di Desa Cibuntu
Perjalanan kami kali ini tidak akan mengulas itu semua, namun kita akan mengunjungi sebuah potensi wisata dengan tema desa wisata. Desa wisata ini terletak didesa Cibuntu, Kecamatan Pasawah uniknya desa ini terletak paling ujung sangat berdekatan dengan Gunung Ciremai. Mungkin penamaan Cibuntu ada kaitannya dengantopografi desa yang terletak di kaki Ciremai, setelah desa ini tidak ada perkampungan lain selain lereng Ciremai dengan hutan lebatnya. Potensi utama desa wisata Cibuntu ialah kearifan lokal masyarakat dalam mengelola sumber daya alam.
Di desa wisata Cibuntu kita hingga saat inj masih bisa melihat anak anak kecil memainkan aneka permainan tradisional hingga melakukan atraksi budaya warisan leluhur. Ketertarikan mereka pada seni tradisi Sunda tidak bisa dilepaskan begitu saja dari proses pewarisan seni tradisi dari para sesepuh yang terus berlangsung hingga saat ini. Hampir setiap hari kita bisa melihat anak anak ini berlatih menari maupun memainkan alat musik khas Sunda selepas pulang sekolah. Atraksi lainnya yang sangat disukai oleh pelancong ialah kearifan lokal dalam mengolah sumber daya alam.Dalam mengolah lahan mereka jarang sekali menggunakan pupuk sintetis, selain itu dalam mengolah hasil hutan mereka hanya mengambil seperlunya saja untuk mencukupi kebutuhan, terutama untuk pakan ternak. Uniknya tempat memelihara ternak sengaja jauh dari pemukiman penduduk dan disatukan dal satu komplek. Hal ini salah satu sebabnya ialah untuk menjaga sanitasi lingkungan agar tetap baik jauh dari penyakit.
Situs bersejarah Di Cibuntu 
Potensi desa wisata ini yang paling menonjol ialah banyaknya situs cagar budaya ditempat ini, jumlahnya mungkin mencapai puluhan. Pada umumnya secara sekilas situs ini berasal dari jam megalitikum, hal ini diperkuat oleh pernyataan juru pelihara bapak Nana yang menyatakan beberapa tahun lampau dilakukan ekskavasi serta penelitian oleh para ahli arkeologi. Hasil dari kegiatan ini ialah ditemukan beberapa artefak yang mendukung pernyataan diatas.Disalah satu situs bahkan ditemukan kapakgenggam. Untuk para pelancong selain dari pelancong lokal, kadang kadang ada juga pelancong dari mancanegara. 
Curug Di Cibuntu
Aksebilitas menuju lokasi sangat mudah, bila mengambil jalur Cirebon arahkan kemudi menuju daerah Mandirancan, Paniis hingga akhirnya sampai di desa Cibuntu. Selain situs bersejarah. Masih di tempat sama kita bisa menikmati pemandangan air terjun setinggi 30 meter dengan air sangat jernih..Disekeliling air terjun kita bisa melihat tebing batu andesit mengelilingi dengan ketinggian bervariasi. Tebing batu andesit ini bisa dimanfaatkan oleh para pecandu tarian anti gravitasi untuk menyalurkan hobinya. Namun untuk aktivitas panjat tebing ini harus mendapatkan pengawasan khusus dari para instruktur profesional, karena resiko melakukan aktivitas ini sangat tinggi. Pengelolaan desa wisata dengan banyak potensi ini perlu di tingkatkan agar hasil yang diraih selama ini bisa meningkat dengan signifikan.


Post a Comment

0 Comments