Berkunjung Ke Rumah Pengabdi Setan


Genre film horor merupakan salah satu genre yang digemari oleh penonton,beberapa waktu lalu khasanah film Indonesia heboh dengan remake film pengabdi setan.Film besutan joko anwar tersebut sukses besar hingga menggaet 4 juta penonton.Film tersebut mengambil setting di kawasan perkebunan Kertamanah Pangalengan,suasana tempat ditengah perkebunan dengan pepohonan besar sangat cocok dengan jalinan cerita dalam film tersebut.Didalam film tersebut terdapat sebuah rumah tempat semua kejadian horor berlangsung,rumah tersebut merupakan rumah dinas pegawai perkebunan.            Sedikit informasi tentang rumah ini Rumah Pengabdi Setan itu dulu disebut Rumah Kina. Mengapa? Karena bangunannya didominasi kayu dari pohon kina, terutama bagian dinding luar. Lokasinya terletak di kawasan kantor Perkebunan Kertamanah, PTPN VIII, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.Dulu, Pangalengan memang pernah menjadi kawasan perkebunan kina. Bahkan, salah satu juragan kina asal Eropa yakni Gerarld Alfred Cup dimakamkan di Pangalengan. Di kawasan perkebunan Kertamanah, hanya ada tiga rumah yang terbuat dari kayu kina. Meski sudah berusia puluhan tahun, tetapi rumah-rumah tersebut masih kokoh. Rumah Pengabdi Setan ini mulanya merupakan rumah dinas pegawai perkebunan setingkat kepala bagian.
            Seiring dengan booming nya film tersebut,rumah ini menjadi viral hingga banyak penonton yang penasaran dengan keberadaannya.Atas berbagai hal itulah maka rumah tersebut ramai dikunjungi,pihak PTPN VIII tidak membuka wisata seram di rumah tersebut.Namun para pengunjung diperkenankan untuk memasuki rumah itu dengan terlebih dahulu meminta izin kepada petugas.Tim Mandalawangi beberapa waktu lalu melakukan kunjungan ke lokasi rumah tersebut.Kami di sambut oleh petugas,setelah meminta izin petugas kemudian mengantar kami memasuki rumahnya.Dari luar aura mistis sudah terasa,terlebih ketika kami berkunjung cuaca cukup mendung.
            Memasuki ruang tamu Nampak foto foto semua pemain film pengabdi setan serta foto karakter ibu.Dari ruang tamu kami diajak melihat lokasi dapur serta sumur.Didalam lokasi sumur aura mistis benar benar kami rasakan,ruangan  tersebut sangat minim cahaya.Menurut petugas yang mengantar sumur ini telah ada sejak rumah pertama kali di bangun pada masa kolonial Belanda.Untuk keperluan syuting sumur tersebut dibenahi,namun sekarang sudah ditutup kembali.Dari sumur kemudian kami melihat lihat ruangan ruangan lainnya di lantai satu.Aura mistis benar benar kami rasakan,rumah yang dibangun masa kolonial sangat kental dengan nuansa retro,begitupun ru,mah ini.Tidak ada perabotan di rumah ini,semua perabotan setelah syuting film pengabdi setan dibawa kembali.
            Penelusuran kami lanjutkan menuju lantai dua,kami melihat ruangan ruangan di lantai dua,disini kami merasakan aura mistis kembali.Terlebih ketika kami memasuki ruangan dengan jendela menghadap ke hutan pinus di depan rumah.Menurut petugas yang mengantar kami para pengunjung berasal dari berbagai daerah bukan hanya dari seputaran Bandung  saja.Hampir setiap hari banayk pengunjung yang datang,namun pengunjung akan ramai setiap akhir pekan.


Post a Comment

0 Comments