Berburu Durian Sinapeul

( Sumber foto jabarprov.go.id )


Siapa yang tak kenal dengan durian,buah dengan julukan si raja buah ini merupakan buah favorit kebanyakan orang.Namun siapa sangka,buah ini ternyata buah asli dari nusantara,disemua daerah Indonesia buah durian sangat mudah ditemukan.Di Jawa Barat kita bisa menemukan berbagai varietas durian,salah satu varietas durian unggulan berasal dari blok Sinapeul,desa Ujung Berung,Kecamatan Sindang wangi,Kabupaten Majalengka. Durian Sinapeul merupakan durian lokal asli Majalengka yang banyak diburu pecinta durian dari berbagai daerah. Durian lokal ini dikenal sebagai Durian Sinapeul karena banyak terdapat di Blok Sinapeul bahkan hingga di atas bukit pun didominasi dengan pohon durian.
            Durian Sinapeul memiliki empat jenis durian yang dijadikan andalannya, diantaranya Durian Perwira, Sriwig, Bokor dan Cangpis. Menurut keterangan para pedagang dan petani durian di Sindangwangi, Durian Perwira merupakan durian yang dikembangkan petani Sindangwangi yang sudah mendapatkan sertifikat sebagai durian unggulan. Bibit induknya pun asli berasal dari Sindangwangi, yakni perpaduan varietas Cangpis (Cangkang Ipis) dan Matahari. Jadi, tak heran jika Durian Sinapeul ini banyak diburu karena rasa dan kualitasnya sudah tak diragukan lagi. Dipenghujung akhir tahun sampai trimester pertama tahun berikutnya merupakan panen Durian-durian lokal Sinapeul.
            Konon Kabarnya durian varietas Perwira, disebut perwira karena dahulunya sering diminati para perwira tentara Belanda, Varietas Perwira ini termasuk bibit unggulan, daerah lain diluar sinapeul bisa saja menanam Durian ini, tetapi rasanya akan jauh berbeda dengan yang ditanam didaerah sinapeul.Bagaimana dengan rasanya? Durian ini memiliki warna kuning mentega, kering, daging tebal, biji kempes, manis, pulen dan sangat tajam aroma duriannya, bahkan setelah tangan kita dicuci dengan sabun wangi duriannya masih tetap menempel.Untuk para penggemar durian,sangat mudah caranya bila ingin menikmati kelezatan durian durian sinapeul.Sepanjang jalan utama Sindangwangi menuju Cirebon, terdapat banyak pedagang durian Sinapeul. Mereka sejak pagi hingga menjelang malam siap melayani para penggemar buah durian Sinapeul.
            Durian asal Majalengka pun hanya mengalami satu musim dalam setahun, yang puncaknya terjadi setiap bulan November dan Desember.Jika di sepanjang jalan di Sindangwangi banyak durian di luar bulan tersebut maka dipastikan durian tersebut berasal dari luar daerah, seperti Sumatera, dan Kalimantan atau durian asal Jawa, seperti Semarang, Klaten, Kudus dan Jepara.Durian Majalengka pun belum bisa memasok ke luar daerah karena produksinya masih terbatas, jadi hanya bisa memenuhi kebutuhan wilayah sendiri. Terlebih di saat musim durian pembelinya bisa datang dari berbagai daerah seperti Cirebon, Indramayu atau wilayah lainnya yang datang sambil berekreasi.


Post a Comment

0 Comments