Batu Tumpang Garut



Mengunjungi Kabupaten Garut merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan,arahkan kemudi menuju kawasan selatan Garut,tepatnya arah menuju Pantai Santolo.di kawasan ini  ada tempat cantik mempesoana yaitu Batu Tumpang yang terletak di Kecamatan Cikajang Kab. Garut.Cuaca yang dingin dan pemandangan alam yang begitu indah, akan menambah semangat dan kesan tersendiri bagi pengunjung Batu Tumpang. Batu tumpang merupakan sebuah batu yang menyerupai bukit kecil yang terletak di pinggir jalan raya antara cikajang-Pameungpeuk.Untuk mencapai lokasi cukup mudah dari pusat kota Garut hanya berjarak 35 kilometer atau satu jam berkendara dengan kendaraan roda empat. Batu tumpang ini merupakan sebuah tebing gunung yang memiliki ketinggian 80 meter dengan dikelilingi area perkebunan teh hijau dan nuansa kesejukan alamnya yang khas.
Daerah Batu Tumpang Cikajang Garut merupakan sebuah tempat yang cukup potensial apabila dikembangkan dengan baik. Tak jauh beda dengan kawasan puncak cipanas Bogor atau daerah Lembang Bandung, Batu Tumpang pun memiliki karakteristik yang sama yakni dominasi kawasan perkebunan teh dan perbukitan yang banyak ditanami sayur-sayuran.Kawasan ini sudah mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal khususnya dari daerah Garut dan Tasik, namun pada waktu akhir pekan daerah ini banyak dikunjungi juga oleh wisatawan luar daerah seperti Bandung dan Jakarta.Sebenarnya, bila diperhatikan secara sekilas, tidak ada yang istimewa dengan batu besar tersebut, namun jika diperhatikan secara seksama hanya ujung batu tersebut yang menempel dengan tanah sehingga batu tampik miring. Mungkin karena hal itu pulalah masyarakat sekitar menyebutnya batu tumpang atau batu yang menempel.
Topografinya yang demikian tidak pelak menjadi favorit para pecinta alamterutama pehobi panjat tebing alam.Sudah bukan rahasia lagi bahwa kawasan Batu Tumpang merupakan tempat latihan legendaris para pehobi panjat tebing khususnya mereka yang berdomisili dikawasan Priangan Timur.Karateristik tebing Batu Tumpang terdiri dari beberapa tingkat kesulitan oleh karena itu sangat cocok untuk para pehobi,disini terdapat jalur dengan tingkat kesulitan cukup tinggi hingga tingkat kesulitan rendah yang cocok bagi para pemula.Disekeliling tebing kita bisa menemukan berbagai penjual makanan minuman sederhana yang diusahakan oleh masyarakat sekitar.Udara dingin khas pegunungan tidak urung membuat para pelintas menuju kawasan selatan Garut dan sebaliknya menghentikan kendaraan untuk menikmati berbagai kuliner sambil menikmati keindahan alam.

Post a Comment

0 Comments