Alun Alun Cianjur



                 Ruang publik di kota Cianjur bertambah lagi,hal ini seiring dengan diresmikannya alaun alun kota tersebut oleh presiden RI beberapa waktu lalu. Fungsi alun-alun di sebuah kota itu sangat banyak, selain sebagai ruang publik, juga jadi ruang sosial, ruang budaya, dan ruang demokrasi.Alun alun Cianjur menjadi proyek percontohan nasional tentang bentuk dan fungsi alun alun.Setelah diresmikan tempat ini mejadi daya tarik yang luar biasa bagi masyarakat kota Cianjur.Setiap hari kita bisa melihat warga masyarakat antusias mengahbiskan waktunya di sini,pada umumnya masyarakat mengunjungi kawasan ini di pagi hari,sore hingga malam hari.Keberadaan alun alun ini sangat mudah dijangkau,aksebilitas menuju lokasi sangat bagus tidak sulit untuk menemukan kawasan alun alun ini,bahkan bagi para pelancong sekalipun yang datang dari luar kota Cianjur.
            Taman yang dibangun dari dana APBD Cianjur itu menjadi pusat kunjungan warga dari berbagai daerah. Di sana ada sejumlah spot foto Instagramable. Seperti yang diketahui, saat ini tempat-tempat yang memiliki spot foto menarik memang menjadi incaran kaum muda. Beberapa tempat yang bisa dijadikan spot foto antara lain gerbang yang bentuknya sepintas terlihat seperti kubah. Gedung berwarna hitam itu juga bertuliskan Asmaul Husna. Spot foto berikutnya adalah di depan miniatur Al-Quran raksasa berwarna kuning keemasan. Bagian belakang miniatur terdapat pemandangan kemegahan Masjid Agung Cianjur. Selain itu, di sekitar miniatur juga terdapat kolam berbentuk lonjong.
            Keindahan Alun-Alun Cianjur tak hanya sampai di situ. Di sekitaran alun-alun, terdapat rumput sintetis yang membuat suasana terkesan nyaman dan asri. Ada pula panggung dengan beberapa bangku yang terbuat dari semen. Area itu dapat difungsikan untuk tempat pertemuan maupun pertunjukan. Masih ada fasilitas lain yang terdapat di alun-alun tersebut. Mulai dari panggung olaraga tematik, saung, dan koridor pejalan kaki yang sangat panjang. Alun-Alun Cianjur memiliki beberapa pintu di sisi utara, timur, selatan, dan barat.Dengan begitu banyaknya fasilitas yang bisa dipakai oleh para pengunjung tidak mengherankan untuk saat ini angka kunjungan masyarakat ke alun alun Cianjur bisa mencapai ribuan orang perhari.
            Tidak bisa dipungkiri setelah menjadi salah satu destinasi warga masyarakat Cianjur dan luar Cianjur fasilitas penunjang wisata di sekiataran alun alun pun ikut di benahi.masyarakat tidak perlu ajauh jauh untuk mencari berbagai penganan kuliner,karena banyak sekali penjaja kuliner di sekitar kawasan alun alun.Selain itu fasilitas pendukung wisata lainnya cukup lengkap kita bisa dengan mudah menemukan toilet maupun saran aparkir bagi kendaraan baik roda dua maupun roda empat.Satu hal lainnya yang menjadi daya tarik masyarakat mengunjungi kawasan ini ialah dengan banyaknya masyarakat yang memperlihatkan aktivitas mereka di sosial media.Bukan rahasia lagi untuk saat ini keampuhan sosial media dalam mempromosikan suatu lokasi sangat cepat.

Post a Comment

0 Comments